
Peran Guru Kelas Dalam Perkembangan Emosional Siswa Di Kelas VA SDN 021 Tarakan
Pengarang : St Faridah Akbar - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang stabilnya perkembangan emosional siswa salah satunya adalah siswa mengalami kepercayaan diri yang kurang, sehingga peran guru sangat penting untuk mendukung peningkatan perkembangan emosional siswa tersebut. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan peran guru kelas dalam perkembangan emosional siswa. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif yang berfokus pada peran guru kelas dalam perkembangan emosional siswa. Sumber data berupa data primer dan sekunder dengan informan yaitu guru kelas dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Menggunakan teknik analisis dan kualitatif melalui proses reduksi data, peyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas VA SDN 021 Tarakan telah melaksanakan perannya yaitu: (1) edukator, yaitu memberikan bimbingan dan arahan dalam meningkatkan perkembangan emosional siswa yang baik. (2) supervisor, yaitu memahami permasalahan siswa dengan memberikan nasehat dan solusi dalam meningkatkan perkembangan emosional yang baik. (3) innovator, yaitu menghasilkan inovasi media pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan emosional siswa yang baik. (4) manager, yaitu menegakkan tata tertib di sekolah dan kelas dengan kesepakatan bersama untuk meningkatkan perkembangan emosional siswa yang baik. (5) motivator, yaitu memberikan arahan dan apresiasi kepada siswa untuk meningkatkan perkembangan emosional yang baik.
Kata Kunci: Peran Guru, Perkembangan Emosional, SDN 021 Tarakan
This research is motivated by the lack of stability in the emotional development of students, one of which is that students experience a lack of self-confidence, so the teacher’s role is quite important to support the increase in the emotional development of these student. This study aimed to describe the duty of the classroom teacher in the emotional development of student using a descriptive qualitative method that focuses on the role of the classroom teacher in the emotional development of students. The data sources were primary and secondary data with the informants being class teachers and students. Data collection techniques used are observation, interviews, and document studies. The technique used qualitative data analysis through data reduction, data presentation, and conclusion. The results showed that the VA class teacher at SDN 021 Tarakan had carried out his role, namely (1) educator, providing guidance and direction in improving student’s good emotional development. (2) supervisor, understanding student problems by providing advice and solutions in improving student development become good emotional development. (3) innovator, producing innovative learning media to improve student’s emotional development. (4) manager, namely enforcing rules in schools and classes with a mutual agreement to improve student’s emotional development become good. (5) motivators, namely giving direction and appreciation to student to improve good emotional development. Keyword: Teacher's role, Emotional Development, SDN 021 Tarakan