
Pengaruh Negara Asal, Persepsi Kualitas Terhadap Minat Beli Konsumen Melalui Citra Merek (Studi Kasus Produk Smartphone Buatan China Di Kota Tarakan)
Pengarang : Rini Pebrianah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh negara asal, persepsi kualitas terhadap minat beli konsumen melalui citra merek. Penelitian ini dilakukan di Kota Tarakan. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen pengguna Smartphone asal China yang ada di Kota Tarakan, yang sedang menggunakan maupun yang pernah menggunakan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode purposive sampling dengan total 280 responden. Uji validitas menggunakan uji Confirmatory Factor Analysis (CFA), uji reliabilitas menggunakan uji Composit Reliability (CR) dan uji normalitas dilakukan secara univariate dan multivariate menggunakan nilai P-Value dari skewness dan kurtosis. Analisis data menggunakan teknik Strucktural Equation Modeling (SEM) dan menggunakan Software Lisrel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel negara asal memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel minat beli. Variabel negara asal berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap variabel citra merek. Variabel persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel citra merek. Variabel persepsi kualitas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap variabel minat beli. Variabel negara asal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan citra merek sebagai variabel mediasi.
This study aimed to examine the effect of origin country, the perception of quality on consumer buying interest through the brand imge. This research was conducted in Tarakan City. The population of this study was consumers of China smartphone users in Tarakan City, who are using or who have used it. The data respondents. The validity test used Confirmatory Factor Analysis (CFA) test, reliability test used Composite Reliability (CR) test and normality test were kurtosis. Data analysis used Structural Ecuation Modeling (SEM) techniques and using Lisrel Software. The results of this study showed that the variable of origin country had a positive and significant effect on the variable of buying interest. Meanwhile, the variable of origin country had a positive and insignificant effect on the brand image variable. In addition, the variable of quality perception had a positive and significant effect on the brand image variables. Next, the variable of quality perception had a positive and insignificant effect on buying interest variables. The last is the variable of origin country had a positive and significant effect on buying interest with brand image as a mediating variable.