Peran Guru Kelas Dalam Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Di SD IT Muslimat 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peran Guru Kelas Dalam Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Di SD IT Muslimat 1 Tarakan

Peran Guru Kelas Dalam Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Di SD IT Muslimat 1 Tarakan

Pengarang : Wahid Putra Jaya Sopian - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Terdapat masalah yang sering terjadi ialah belajar pada siswa seperti tidak mengerjakan pekerjaan rumah, kurang konsentrasi dalam pelajaran, sulit memperhatikan guru saat menjelaskan. Pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah dasar sangat di perlukan untuk membantu peserta didik dalam proses perkembangannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru kelas dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di SD IT Muslimat 1 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dan informan penelitian terdiri dari 3 orang diantaranya kepala sekolah dan 2 guru kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data, yaitu metode Miles dan Huberman reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa peran guru kelas dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di SD IT Muslimat 1 Tarakan dilaksanakan melalui 3 tahap yaitu perencanaan dimana dalam tahap ini guru kelas dalam mengumpulkan data pribadi siswa sebagai acuan untuk pelaksanaan bimbingan dan konseling, pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam pembelajaran guru di SD IT Muslimat 1 Tarakan mengajar sesuai dengan kurikulum yang berlaku K-13 yang mencakup beberapa aspek penilaian salah satunya penilaian afektif, dan evaluasi kegiatan bimbingan dan konseling ini kepada siswa dengan melakukan pengamatan terhadap siswa yang mengalami masalah dan melakukan pencatatan terbuka terhadap perubahan yang terjadi.

Kata Kunci: Peran Guru Kelas, Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling

Some problems students faced in learning include not doing their homework, needing more focus, and needing help understanding the teacher's explanation. So, conducting guidance and counseling in this class was necessary to assist students in their developmental processes. The research objectives were to describe the teacher's role in implementing guidance and counseling for the 1st Grader. The research method was descriptive qualitative, and the research informants consisted of three principals and two teachers. The technique of data collection were interviews, observations, and documentation. The data analysis technique was used by Miles and Huberman. The research result showed that teachers' role in the implementation of guidance and counseling consists of three phases: first, the planning session; in this session, all students' data were the primary sources in conducting guidance and counseling. Second, implementation of guidance and counseling based on National Curriculum 2013 that consists of several aspects of assessment, one of the assessments was affective. The last was evaluation activities. It recorded the students' activities, then took notes or observed behavior changes. Keywords: Teachers' Role, Counseling, and Guidance

Detail Informasi