Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Model Discovery Learning Dengan Media Monopus Pada Siswa Kelas VIII SMPN 12 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Model Discovery Learning Dengan Media Monopus Pada Siswa Kelas VIII SMPN 12 Tarakan

Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Model Discovery Learning Dengan Media Monopus Pada Siswa Kelas VIII SMPN 12 Tarakan

Pengarang : Selpi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi menggunakan model discovery learning dengan media monopus pada siswa kelas VIII-6 SMPN 12 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Negeri 12 Tarakan pada semester I Tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 12Tarakan yang berjumlah 32 Siswa yang terdiri dari 14 siswa perempuan dan 18 siswa laki- laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaa, tindakan, observasi, refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model discovery learning dengan media monopus dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 12 Tarakan. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I, ketuntasan hasil belajar siswa ranah afektif sebesar 68%, ranah kognitif sebesar 78%, dan ranah psikomotorik 53%. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa ranah afektif meningkat menjadi sebesar 100% hasil ini dikarenakan siswa telah menanamkan karakter atau sikap yang baik di dalam pembelajaran. Selanjutnya ranah kognitif sebesar 100% hal ini dikarenakan siswa telah dapat menyesuaikan judul danisi,pemilihan diksi, permajasan, pengimajian/pencitraan, dari ranah psikomotorik 90%, siswa telah mampu untuk membuat puisi. Pada nilai ketuntasan 100% dapat dilihat berdasarkan jumlah siswa yang telah mencapai KKM dengan nilai standar KKM 75 hingga nilai 90. Peroleh nilai yang didapatkan oleh siswa berdasarkan hasil dari skor yang diperoleh dikali 100 dan dibagi dengan skor maksimal. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran discovery learning dengan media monopus dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya keterampilan menulis puisi.

Kata Kunci : Kemampuan Menulis Puisi, Model Discovery Learning, Media Monopus.

This study aimed to improve the ability to write poetry using a discovery learning model by Monopus media in grade VIII-6 students of SMPN 12 Tarakan. The research design used Classroom Action research (PTK) which was conducted at SMP Negeri 12 Tarakan in the first semester of 2022/2023 academic year. The subjects of the study were grade VIII-6 students of SMP Negeri 12 Tarakan with the total number of 32 students, consisting of 14 female and 18 male students. This research was carried out in 2 cycles and each cycle consisted of 2 meetings. The procedure of each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. The results of this study showed that the discovery learning model with Monopus media can improve the ability to write poetry for grade VIII-6 students of SMP Negeri 12 Tarakan. It can be seen from the results obtained in each cycle. In cycle I, the success of student learning outcomes in affective domain was 68%, the cognitive domain was 78%, and the psychomotor domain was 53%. Furthermore, in cycle II the learning outcomes of affective domain students increase to 100% from the previous results. It was because students had instilled a good character or attitude in learning. Furthermore, the cognitive domain was 100%, this is because students had been able to adjust the title and content, selection of diction, performance, and imagining/imaging. From the psychomotor domain was 90%, students had been able to make poems. The 100% success score can be seen based on the number of students who had reached the KKM with a standard score of KKM was 75 to 90. The student score obtained based on the results of the score obtained multiplied by 100 and divided by the maximum score. Thus, it can be concluded that the discovery learning model with Monopus media can improve the student learning outcomes in Indonesian subjects, especially on poetry writing skills. Keywords: Poetry Writing Ability, Discovery Learning Model, Monopus Media.

Detail Informasi