Analisis Kesadaran Fonologis Pada Siswa Kelas III A Di SDN 032 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kesadaran Fonologis Pada Siswa Kelas III A Di SDN 032 Tarakan

Analisis Kesadaran Fonologis Pada Siswa Kelas III A Di SDN 032 Tarakan

Pengarang : Suriati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di kelas III A SDN 032 Tarakan dimana terdapat kekurangan dalam kelancaran membaca sehingga menjadi faktor adanya kekurangan dalam bunyi bacaan. Bunyi yang dihasilkan pada saat membaca katakata sulit sering diulang dan bunyinya berubah-ubah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesadaran fonologis siswa kelas III A di SDN 032 Tarakan yang ditinjau dari dua aspek yaitu: aspek ketepatan bunyi dan aspek perubahan bunyi. Pendekatan yang dilakukan yaitu pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen tes dan wawancara untuk memperoleh data hasil kesadaran fonologis siswa. Hasil data dianalisis melalui beberapa tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sebanyak 21 siswa kelas III A menjadi partisipan dalam penelitian dan mengerjakan tes kesadaran fonologis, yang kemudian dikelompokkan dalam kategori tinggi, sedang dan rendah. Setelah itu peneliti memilih 2 siswa yang mewakili setiap kategori tinggi, sedang dan rendah untuk diwawancarai. Hasil penelitian ini diperoleh data bahwa siswa dalam hal kelancaran membaca sudah lancar, akan tetapi dalam membunyikan kata masih terdapat kesalahan pada bunyinya. Siswa juga mampu untuk memperbaiki bunyi yang masih salah. Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa siswa sudah mampu menyadari bunyi dari kata yang disebutkan.

Kata Kunci: Kesadaran Fonologis, Ketepatan Bunyi, Perubahan Bunyi

The problems found in class III-A of SDN 032 Tarakan where there is a lack of fluency in reading so it becomes a factor in the lack of reading sound. The sounds produced when reading difficult words are often repeated and the sounds changes. The purpose of the study was to analyze the phonological awareness in class III-A students of SDN 032 Tarakan in terms of two aspects, namely: the aspect of sound accuracy and the aspect of sound change. The research used was descriptive qualitative method. Data collection was carried out through tests and interviews to obtain data on the results of student phonological awareness. The data were analyzed throught some stages, namely:data reduction, data display, and conclusion drawing/verification. A total of 21 students in class III-A participated in the study and took the phonological awareness test, which was then grouped into high, medium, and low categories. After that, the researcher selected 2 studenst representing high, medium, and low category to be interviewed. The results of this study show thet students read fluently, but there are still errors in sounding out words. Students are also able to correct sounds that are still wrong. So, the researcher concluded that students were able ti realize the sound of the word mentioned. Keywords: Phonological Awareness, Sound Accuracy, Sound Change

Detail Informasi