Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembagian Wilayah Waktu Dengan Menggunakan Media Globe Di Kelas V SDN 015 Sebuku | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembagian Wilayah Waktu Dengan Menggunakan Media Globe Di Kelas V SDN 015 Sebuku

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembagian Wilayah Waktu Dengan Menggunakan Media Globe Di Kelas V SDN 015 Sebuku

Pengarang : Maria Goretti Tonu Hayong - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD 015 Sebuku pada materi tentang Pembagian Wilayah Waktu melalui media Globe. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD 015 Sebuku yang berjumlah 11 orang. Data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk isian, lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa, yang dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus. Sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 27,3% dari Kriteria ketuntasan Minimal (70). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I menjadi 54,5% dan setelah dilakukan tindakan lagi pada siklus II,ketuntasan belajar mencapai 81,8%.
Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Globe dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 015 Sebuku pada materi tentang Pembagian Wilayah Waktu.

This research purpose is improving students achievement at class V in SD 015 Sebuku on Region Time Division through globe media. This research is classroom action research which done in 2 cycles, each cycle consists of planning, action, observation and reflection. The subjects of this research are students at class V in SD 015 Sebuku which contains 11 persons. The data have obtained using test in essay, observation sheet teacher and students on learning process. Analysis technique that used is analysis technique qualitative data and analysis technique quantitative data. The result of this research shows that increasing on students’ achievement which can be seen from the result in each cycle. Before action students’ achievement classically only 27, 3 % from criteria minimum score (70). After action on cycle 1 become 54,5% and after action on cycle 2 become 81,8%. Based on the result above, it can be conclude that through globe media can improve students’ achievement at class V in SDN 015 Sebuku on region time division material.

Detail Informasi