
Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Puisi Pada Siswa Kelas V A SDN 001 Sebatik Timur
Pengarang : Hasriati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar membaca puisi dengan menggunakan metode demonstrasi pada kelas V A SDN 001 Sebatik semester I tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2013 dilakukan sebanyak dua siklus dimana setiap siklus terdiri atas satu kali pertemuan.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dan tes yang dilakukan terhadap siswa kelas V A SD Negeri 001 Sebatik yang berkaitan dengan meningkatkan hasil belajar membaca puisi. Data dalam penelitian ini meliputi : (1) data dari hasil observasi; (2) data hasil tes evaluasi belajar siswa membaca puisi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A SD Negeri 001 Sebatik dan rekan-rekan guru sebagai mitra peneliti serta seluruh komponen sekolah.
Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V A SD Negeri 001 Sebatik. Peningkatan tersebut digambarkan secara klasikal dari 64,29 % pada siklus I meningkat menjadi 85,71% pada siklus II, ini berarti terjadi peningkatan sebanyak 21,42%.
Tidak Tersedia Deskripsi