Penerapan Metode Demonstrasi Menggunakan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 001 Sebatik Barat | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
No image available for this title

Penerapan Metode Demonstrasi Menggunakan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 001 Sebatik Barat

Pengarang : Haslinda J. - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui apakah Penerapan metode demonstrasi berbantuan alat peraga pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 001 Sebatik Barat dan dilaksanakan dengan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara membuat indikator keberhasilan, sebagai parameternya terdiri dari: Hasil observasi aktlvltas siswa dalam pembelajaran, dan hasil belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu data kualitatif digunakan untuk menganalisis data yang berupa aktlvltas siswa dan data kuantitatif digunakan untuk menganalisis data hasil belajar siswa.
Darl hasil Penelitian menunjukkan bahwa aktlvltas siswa pada siklus persentase pencapaian indikator yang dlamatl (63,4%) sedangkan pada siklus II rata- rata aktlvltas siswa (86,9%). Hasil evaluasi belajar siswa pada siklus 1 ketuntasan belajar siswa mencapai (79%) dan nilai rata-rata kelasnya (83,61) sedangkan pada Siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 100% dan nilai rata-rata kelas pada siklus II yaitu 93. Dengan demikian pembelajaran yang diajarkan dengan menggunakan Metode Demonstrasi Berbantuan Alat Peraga dapat meningkatkan aktlvltas siswa dan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Demonstrasi, Alat Peraga, dan Hasil Belajar

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi