
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Peninggalan Sejarah Hindu-Budha Dan Islam Di Indonesia Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas V SD Negeri 002 Sebatik
Pengarang : Budi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri 002 Sebatik dalam proses belajar IPS pada pokok bahasan Peninggalan Sejarah Hindu-Budha dan Islam di Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a match.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada bulan Juli 2013 dilakukan sebanyak dua siklus dimana setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dan tes yang dilakukan terhadap siswa kelas V SD Negeri 002 Sebatik yang berkaitan dengan peningkatan hasil belajar pada pokok bahasan peninggalan sejarah Hindu-Budha dan Islam di Indonesia. Data dalam penelitian ini meliputi : (1) data dari rekan observer yang dievaluasi dan kemudian dijadikan acuan untuk perbaikan pada pertemuan berikut; (2) data hasil tes evaluasi belajar siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 002 Sebatik dan rekan-rekan guru sebagai mitra peneliti serta seluruh komponen sekolah.
Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran model kooperatif tipe Make a match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 002 Sebatik. Peningkatan tersebut digambarkan secara klasikal dari 66,67 % pada siklus I meningkat menjadi 86,67 % pada siklus II, ini berarti terjadi peningkatan sebanyak 20 %.
Kata Kunci: Hasil Belajar dan Make a Match
Target of this research to increase result of learning students of SD Negeri 002 Sebatik in course of learning IPS of material in history of Hindu-Buddha and Islam In Indonesia by using model learning of cooperative type of Make match. This research is executed in July 2013 done in two of cycle where each cycle consists of twice meeting. This Research data acquisition was from result of observation and test conducted to students class of V SD Negeri 002 Sebatik related to make-up of result learn IPS of material in history of Hindu-Buddha and Islam in Indonesia. Data in this research cover: ( 1) data of friend of observer evaluated and later then reference for repair at meeting following; ( 2) data result of evaluation test learn student. Source of data in this research is students class of V SD Negeri 002 Sebatik and Teacher friend as partner of the researcher and all the school component. The Result of this research indicate that model learning cooperative type of Make a match can improve achievement learn student class of V SD Negeri 002 Sebatik. The Improvement depicted by classical from 66,67 % cycle of 1 mount to become 86,67 % cycle of 2, this means happened the make-up of counted 20 %. Keywords: Study Result and Make a Match