
Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV A SD Negeri 008 Nunukan Tahun Pelajaran 2012/2013
Pengarang : Asnin Suryani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV A SD Negeri 008 Nunukan. Instrumen yang digunakan oleh peneliti adalah lembar observasi siswa dan tes hasil belajar. Hasil belajar pada aspek kognitif yang diperoleh siswa pada siklus I mencapai ketuntasan 72,23% dari 18 siswa meningkat menjadi 94,84% dari 18 siswa di siklus II.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan metode pembelajaran eksperimen pada siswa kelas IVA SDN 008 Nunukan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 008 Nunukan ini disebabkan karena penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga proses pembelajaran semakin terarah dan tambah memberikan kesan dan pengalaman belajar.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode Eksperimen
The design of this research was Class Action Research (CAR). The objective of this research to improve students achievement in science through experiment method at fourth (IVA) Grade Students in SDN 008 Nunukan. The instruments that used by researcher were students’ observation sheet and test. The result of cognitive aspect that students got in cycle I was 72.23% of 18 students increase into 94.84% of 18 students n cycle II. The conclusion of this Class Action Research (CAR) was implementing experiment method at fourth (IVA) in SDN 008 Nunukan could improve students achievement in Science. The improvement in students’ achievement caused implementing experiment method could improve students’ active so the learning process more conducive and give more impressive and learning experience. Keyword: Students’ Achievement, Experiment Method