Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Organ Pernapasan Manusia Melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Alat Peraga Pada Siswa Kelas V SDN 009 Krayan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Organ Pernapasan Manusia Melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Alat Peraga Pada Siswa Kelas V SDN 009 Krayan

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Organ Pernapasan Manusia Melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Alat Peraga Pada Siswa Kelas V SDN 009 Krayan

Pengarang : John - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan metode demonstrasi berbantuan alat peraga pada materi organ pernapasan manusia di kelas V SDN 009 Krayan. Subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa kelas V SDN 009 Krayan yang berjumlah 9 siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi.
Hasil belajar pada siklus 1 ketuntasan belajar 44%, dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dengan ketuntasan belajar klasikal 89%. PTK ini adalah dengan penerapan metode demonstrasi berbantuan alat peraga di kelas V SDN 009 Krayan. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah penelitian dengan melalui metode demonstrasi berbantuan alat peraga di kelas V SDN 009 Krayan meningkatkan hasil belajar pada materi organ pernapasan manusia.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Demonstrasi, Alat Peraga

The aim of this research is to increase science result study by using picture of lesson human respiratory system to grade V students SDN 009 Krayan. The subject of this classroom research is the 9 students of SDN 009 in grade V. the classroom research is done in 2 cycles. Each of them consist of 4 phases, they are planning, the act implementation, observation, and reflection. The data gathering techniques used are test and observation. The exhaustiveness of the result study in cycle 1 is 44% and there is an increase of the result study with the classical exhaustiveness of study is 89% in cycle II. This classroom research used demonstration method to student grade V SDN 009 Krayan. The conclusion of this classroom research is the research by using demonstration method with device to student grade V SDN 009 Krayan increases the result study in lesson human respiratory system.

Detail Informasi