
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Tematik (PKN, IPA Dan Matematika) Pada Tema Sendiri Di Kelas II SDN 007 Krayan
Pengarang : Bernabas Musa - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Tematik siswa dengan penerapan model pembelajaran Tematik di kelas II SDN 007 Krayan.. Subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa kelas II SDN 007 Krayan yang berjumlah 18 siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi.
Hasil belajar pada mata pelajaran IPA siklus I memiliki Ketuntasan Belajar Klasikal siswa mencapai 67% yakni 12 siswa yang tuntas dan 6 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal. Sedangkan pada Siklus II, Ketuntasan Belajar Klasikal siswa mencapai 100 % yakni 18 siswa yang tuntas dan tidak ada siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal, Mata pelajaran PKN siklus I memiliki Ketuntasan Belajar Klasikal siswa mencapai 72% yakni 13 siswa yang tuntas dan 5 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal. Sedangkan pada Siklus II, Ketuntasan Belajar Klasikal siswa mencapai 89% yakni 16 siswa yang tuntas dan 2 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal, Mata pelajaran Matematika siklus I memiliki Ketuntasan Belajar Klasikal siswa mencapai 67% yakni 12 siswa yang tuntas dan 6 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal. Sedangkan pada Siklus II, Ketuntasan Belajar Klasikal siswa mencapai 83% yakni 15 siswa yang tuntas dan 3 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal.
Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Tematik di kelas II SDN 007 Krayan dapat meningkatkan hasil belajar pada tema diri sendiri.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Tematik, Demonstrasi
The aim of this research is to know the increase of the thematic student result study by using thematic learning model to grade II students SDN 007 Krayan. The subject of this classroom research is the 18 students of SDN 007 in grade II. the classroom research is done in 2 cycles. Each of them consist of 4 phases, they are planning, the act implementation, observation, and reflection. The data gathering techniques used are test and observation. The result study of science in cycle 1 has the exhaustiveness to 67% where there are 12 students are accomplished and 6 students do not reach the minimum exhaustiveness score. While in cycle II the classical exhaustiveness learning reach 100% where there are 18 students are accomplished and there is no student that is not reach the minimum exhaustiveness score, PKN cycle 1 has the classical exhaustiveness learning student 72% where 13 students are accomplished and 5 students that do not reach the minimum exhaustiveness score. In cycle II the classical exhaustiveness learning student reach 89% where 16 students are accomplished and 2 students do not reach minimum exhaustiveness score. Cycle 1 in math the classical exhaustiveness learning is 67% where 12 students has the classical exhaustiveness learning and 6 students do not reach the minimum exhaustiveness score. While in cycle II classical exhaustiveness learning student reach 85% where 16 students are accomplished, and 3 students do not reach minimum exhaustiveness score. The conclusion of this classroom research is the research by using Thematic learning model to student grade II SDN 007 Krayan increases the result study in lesson self-theme. Keywords: Result Study, Thematic, Demonstration