
Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Kerangka Tubuh Melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Alat Peraga Torso Siswa Kelas IV SDN 006 Bunyu
Pengarang : Yuliana D. - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ipa materi kerangka tubuh melalui metode demonstrasi berbantuan alat peraga torso siswa kelas IV sdn 006 bunyu. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, mulai tanggal 29 Juli - 29 Agustus 2013. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN 006 Bunyu dengan jumlah 13 siswa, dengan rincian 6 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat hasil skor motivasi belajar IPA siswa yang diperoleh pada siklus I sebesar 69,24% dan meningkat pada siklus II menjadi 76,92% dan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 54% meningkat menjadi 93% sehingga penelitian dikatakan berhasil.Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah penerapan metode demonstrasi berbantuan alat peraga Torso dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 006 Bunyu.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Kerangka Tubuh, Metode Demonstrasi, Torso
The objective of this research was to improve students’ natural science motivation and achievement on body skeleton subject through demonstration method torso visual aid at the fourth grade students of SDN 006 Bunyu. The research was done from 29 July -29 August 2013 in odd semester. The design of this research used classroom action research. The research was done in two cycles, each cycle consist of some steps; Planning, Implementing, Observing, Reflecting. The research was conducted at the fourth grade students and the subjects of this research were 13 students. The research instruments were test and observation. Based on the result of study in first cycle, the number of percentage was 54% and the second cycle was 93%. It indicates that students have gained the criteria of success in this research. By understanding the result of this study, it can be concluded that the use of demonstration method can improve students’ natural science motivation and achievement at the fourth grade students of SDN 006 Bunyu. Keywords: Students’ Motivation and Achievement, Demonstration Method