
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Melalui Alat Peraga Berbasis TIK Di Kelas IV SDN 003 Tanjung Selor
Pengarang : Suwandi Puluandji - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi keliling dan luas luas bangun datar menggunakan alat peraga berbasis TIK di kelas IV SDN 003 Tanjung Selor.
Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan 2 pertemuan, dan masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non-tes. instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian aktivitas siswa, dan lembar aktivitas Guru.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar melalui pembelajaran Materi Keliling Dan Luas luas bangun datar Menggunakan Alat Peraga Berbasis TIK Di Kelas IV SDN 003 Tanjung Selor, Pada siklus I nilai rata-rata 63 dengan persentase ketuntasan 42% dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 76,25 dengan persentase Ketuntasan 87,5%.
Penggunaan alat peraga berbasis TIK materi keliling dan luas bangun datar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Tanjung Selor.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Keliling, Luas Bangun Datar, Alat Peraga Berbasis TIK
This research intent to increase Mathematics studying result keliling's material and far ranging build monotonicing to utilize display tool gets TIK'S basis at brazes IV. SDN 003 selor's Capes. Action research brazes that executed deep 2 cycles, each cycle is done 2 appointments, and each cycle consisting 4 planning steps, action, observation, and reflection. Data collecting tech that is utilized is essay and non essay. data collecting instrument that is utilized is essay to usufruct studying, activity estimation sheet student, and activity sheet Learns. Base result observationaling to point out that its increasing happening usufructs studying via keliling's Material learning And Far Ranging build monotonicing To Utilize Display Tool gets TIK'S basis At brazes IV. SDN 003 selor's Capes, On average value i. cycle 63 by presentase thoroughnesses 42% and on cycle II. get average value 76,25 by presentase thoroughnesses 87,5%. Display tool purpose gets TIK'S basis keliling's material and far-ranging monotonic build gets to increase student studying result brazes IV Tanjung Selor. Keywords: Learned Result, Keliling, Far Ranging Monotonic Build, Tool Display gets TIK'S basis