
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkalian Dan Pembagian Dengan Menggunakan Alat Peraga Kesukaan Siswa Di Kelas IVA SDN 002 Tanjung Selor Tahun Pembelajaran 2013/2014
Pengarang : Rusdiana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian dan pembagian dengan menggunakan alat peraga kesukaan siswa di kelas IV SDN 002 Tanjung Selor.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas IV yang berjumlah 32 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi.
Hasil penelitian di siklus I, persentase ketuntasan siswa adalah 68% dan di siklus II adalah 82%. Sedangkan,rata-rata nilai siswa di siklus I adalah 72,08 dan di siklus II adalah 74,48. Ini menunjukkan bahwa siswa telah mencapai indikator kesuksesan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Alat Peraga bisa meningkatkan hasil belajar di kelas IV SDN 002 Tanjung Selor.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Alat Peraga
The objective of this research was to improve students’ achievement on multiplication and division subject by using visual aid of students’ like at the fourth grade students of SDN 002 Tanjung Selor. The design of this research used classroom action research. The research was done in two cycles, each cycle consist of some steps; Planning, Implementing, Observing, Reflecting. The research was conducted at the fourth grade students and the subjects of this research were 32 students. The research instruments were test and observation. Based on the result of study in first cycle, the number of percentage was 68% and the second cycle was 82%. While, the students’ average score in first cycle was 72.08 and in second cycle was 74.48. It indicates that students have gained the criteria of success in this research. By understanding the result of this study, it can be concluded that the use of Visual Aid can improve students’ achievement at the fourth-grade students of SDN 002 Tanjung Selor. Keywords: Students’ Achievement, Cooperative Learning Model, Visual Aid