
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Rangka Manusia Dan Fungsinya Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Alat Peraga Realia Dan Torso Di Kelas IV SDN 002 Tanjung Selor
Pengarang : Rusdiana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV.B pada mata pelajaran IPA pada materi Rangka Manusia dan Fungsinya di SDN 002 Tanjung Selor melalui model pembelajaran Kooperatif berbantuan alat peraga Realia dan Torso, Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, angket dan tes pada setiap akhir siklus. Bentuk tes pilihan ganda dan bersifat individu. Soal dibuat oleh peneliti dan disesuaikan dengan indikator yang telah dirumuskan. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa kelas IV .B SDN 002 Tanjung Selor. Kriteria yang dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan adalah pencapaian ketuntasan belajar klasikal sebesar 80% siswa yang tuntas KKM yaitu 70.
Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa kelas IV.B SDN 002 Tanjung Selor dalam materi lingkungan fisik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif berbantuan alat peraga Realia dan Torso. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil belajar siswa pada siklus I yang dicapai siswa yaitu dari 73% yang tuntas sesuai KKM yang ditentukan yaitu 70. Pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 82% yang tuntas KKM yaitu 70.
Dengan demikian salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA adalah melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif berbantukan alat peraga Realia dan Torso.
Kata Kunci: Kooperatif, Realia dan Torso
The objective of this research was to improve students’ achievement on human skeleton and its functions subject by using cooperative learning with visual aid of torso and realia at the fourth grade students of SDN 002 Tanjung Selor. The design of this research used classroom action research. The research was done in two cycles, each cycle consist of some steps; Planning, Implementing, Observing, Reflecting. The research was conducted at the fourth grade students. The research instruments were test and observation. Based on the result of study in first cycle, the number of percentage was 73%. It indicates that students have gained the criteria of success in this research. By understanding the result of this study, it can be concluded that the use of Cooperative learning model can improve students’ natural science achievement at the fourth grade students of SDN 002 Tanjung Selor. Keywords: Students’ Achievement, Cooperative Learning Model, Visual Aid