Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Realia Dan Torso Di Kelas IV A SDN 005 Tanjung Selor | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Realia Dan Torso Di Kelas IV A SDN 005 Tanjung Selor

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Realia Dan Torso Di Kelas IV A SDN 005 Tanjung Selor

Pengarang : Rosthina D. - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif berbantuan media realia dan torso dikelas IVA SDN 005 Tanjung Selor.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas siswa kelas IV. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi.
Hasil penelitian di siklus I, persentase ketuntasan siswa adalah 65% dan di siklus II adalah 87%. Ini menunjukkan bahwa siswa telah mencapai indikator kesuksesan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Realia dan Gambar bisa meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SDN 005 Tanjung Selor.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Kooperatif, Media Realia dan Torso

The objective of this research was to improve students’ natural science achievement by using cooperative learning method with realia media and torso at the fourth grade students of SDN 005 Tanjung Selor. The design of this research used classroom action research. The research was done in two cycles, each cycle consist of some steps; Planning, Implementing, Observing, Reflecting. The research was conducted at the fourth grade students. The research instruments were test and observation. Based on the result of study in first cycle, the number of percentage was 65% and the second cycle was 87%. It indicates that students have gained the criteria of success in this research. By understanding the result of this study, it can be concluded that the use of Cooperative Learning Method with Realia Media and Torso can improve students’ natural science achievement at the fourth grade students of SDN 005 Tanjung Selor. Keywords: Students’ Achievement, Cooperative Learning Method, Realia Media and Torso

Detail Informasi