Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Indera Manusia Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 006 Tanjung Palas Timur Kabupaten Bulungan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Indera Manusia Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 006 Tanjung Palas Timur Kabupaten Bulungan

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Indera Manusia Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 006 Tanjung Palas Timur Kabupaten Bulungan

Pengarang : Marta Whang - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi fungsi alat indra dan pemeliharaannya melalui model pembelajaran kooperatif berbantuan media gambar pada siswa kelas IV SDN 006 Tanjung Palas Timur.Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdapat 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar aktivitas pengamatan guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif siklus I ke siklus II meningkat sebesar 12,95. Sedangkan persentase keberhasilan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 58,82% meningkat menjadi 82,35% pada siklus II.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif berbantuan media gambar pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN 006 Tanjung Palas Timur dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran Kooperatif, Media Gambar

The objective of this Class Action Research to improve the students’ science on sense function and the custody through cooperative learning model using pictures media at fourth grade students in SDN 006 TanjungPalasTimur. The Class Action Research conducted in two cycles, each cycle consist of four stages, there are planning, implementing, observing and reflecting. The instruments that used by researcher were test, students’ observation sheet and teacher’s observation sheet in learning process. The mean in result cognitive aspect in cycle I to cycle II improve were 12.93. As for the percentage of students’ success score in classical in cycle I were 58.82% improve into 82.53% in cycle II. The conclusion of this class action research was improving students’ science achievement on sense function and the custody through cooperative learning model using pictures media at fourth grade students in SDN 006 Tanjung Palas Timur. Keyword: Students’ Science Achievement, Science, Cooperative Learning Model, Pictures Media

Detail Informasi