
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Operasi Hitung Bilangan Bulat Menggunakan Model Pembelajaran STAD Di Kelas IV SDN 001 Tanjung Palas Tengah Kabupaten Bulungan
Pengarang : M. Jaluddin - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat menggunakan model pembelajaran STAD di kelas IV SDN 001 Tanjung Palas Tengah Kabupaten Bulungan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah kelas IV SDN 001 Tanjung Palas Tengah yang berjumlah 20 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi.
Berdasarkan hasil penelitian di siklus I, rata-rata nilai siswa adalah 61.50 dan di siklus II adalah 76.50. Ini menunjukkan bahwa siswa telah mencapai indikator pencapaian.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran STAD bisa meningkatkan hasil belajar di kelas IV SDN 001 Tanjung Palas Tengah Kabupaten Bulungan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran STAD
The objective of this research was to improve students’ mathematics achievement on material of arithmetic operation of integral number operation by using stad learning model at the fourth grade students of SDN 001 Central Tanjung Palas Bulungan Regency. The design of this research used Classroom action research. The research was conducted at the fourth grade students and the subjects of this research were 20 students. The research instruments were test and observation. Based on the result of study in first cycle, the students’ score average on the first circle was 61.50 and the second cycle was 76.50. It indicates that students have gained the criteria of success in this research. By understanding the result of this study, it can be concluded that the use of STAD learning model can improve students’ Mathematics Achievement at the fourth grade students’ of SDN 001 Central Tanjung palas, Bulungan Regency. Keywords: Students’ Achievement, STAD Learning Model