
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Perkalian Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Pembelajaran Explicit Instruction Pada Siswa Kelas V Di SDN 012 Tanjung Selor
Pengarang : Junadi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi operasi hitung perkalian bilangan bulat dengan menggunakan pembelajaran Explicit Instruction di kelas V SDN 012 Tanjung Selor.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas V. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi.
Berdasarkan Hasil penelitian, rata-rata nilai siswa di siklus II adalah 80. Ini menunjukkan bahwa siswa telah memenuhi indikator pencapaian.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran Explicit Instruction bisa meningkatkan hasil belajar Matematika di kelas V SDN 012 Tanjung Selor.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Explicit Instruction
The objective of this research was to improve students’ mathematics achievement on multiplication arithmetic operation of integral number subject by using explicit instruction Learning at the fifth grade students of SDN 012 Tanjung Selor. The design of this research used classroom action research. The research was done in two cycles, each cycle consist of some steps; Planning, Implementing, Observing, Reflecting. The research was conducted at the fifth grade students. The research instruments were test and observation. Based on the result of study, the students’ score average on second cycle was 80. It indicates that students have gained the criteria of success in this research. By understanding the result of this study, it can be concluded that the use of Explicit Instruction Learning can improve students’ mathematics achievement at the fifth-grade students of SDN 012 Tanjung Selor. Keywords: Students’ Achievement, Explicit Instruction Learning