Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Picture And Picturer Pada Kelas I SDN 003 Bunyu | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Picture And Picturer Pada Kelas I SDN 003 Bunyu

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Picture And Picturer Pada Kelas I SDN 003 Bunyu

Pengarang : Jumariah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan tema lingkungan dalam pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran picture and picture di kelas I SDN 003 Bunyu. Penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dalam dalam 2 siklus, terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan lembar pengamatan aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Rata-rata hasil pengamatan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran meningkat, siklus I nilai yang diperoleh adalah sebesar 73 dan siklus II sebesar 91. Hasil analisis aktivitas guru tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa aspek kognitif yang juga meningkat dari siklus I ke siklus II. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 55,56% meningkat sebesar 27,77% menjadi 83,33% pada siklus II.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah pembelajaran tematik dengan tema lingkungan menggunakan model pembelajaran picture and picture di kelas I SDN 003 Bunyu dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Tema Lingkungan, Tematik, Model Pembelajaran Picture and Picture

The objective of this research was to improve students’ achievement on environment theme in thematic learning by using picture and picture model at the first-grade students of SDN 003 Bunyu. The design of this research used classroom action research. The research was done in two cycles, each cycle consists of some steps: Planning, Implementing, Observing, Reflecting. The research was conducted at the first-grade students. The research instruments were test and observation. Based on the result of study in first cycle, the number of percentages was 55,56% and the second cycle was 83,33%. While the teachers’ score average on the first cycle was 73 and the second cycle was 91. By understanding the result of this study, it can be concluded that the use of Picture and Picture Model can improve students’ achievement at the first-grade students of SDN 003 Bunyu. Keywords: Students’ Achievement, Thematic Learning, Picture and Picture Model

Detail Informasi