
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan Bilangan Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas II-A Di SD Negeri 004 Sekatak
Pengarang : Japaruddin - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika tentang Himpunan Bilangan menggunakan media gambar himpunan bilangan sampai 500 pada kelas II SDN 004 Sekatak.Tujuan Peningkatan Prestasi belajar Matematika meliputi : (1) Menumbuhkan dan mengembangkan keterampilan berhitung (menggunakan bilangan) sebagai alat dalam kehidupan sehari-hari; (2)Menumbuhkan kemampuan siswa, yang dapat dialih gunakan melalui kegiatan matematika; (3) Memiliki pengetahuan dasar matematika sebagai bekal belajar lebih lanjut di sekolah lanjutan tingkat pertama; dan (4) Membentuk sikap logis, kritis, cermat, kreatif, dan disiplin.
Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I 41,38 % dan siklus II adalah 75,68 %. Hasil observasi juga diketahui bahwa aktivitas guru dan siswa juga mengalami banyak sekali perubahan yang menuju pada perbaikan.
Kesimpulan pada pembelajaran matematika pada materi himpunan bilangan sampai 500 dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas II SDN 004.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Media Gambar
The objective of this research was to improve students’ mathematics achievement number of sets until 500 using picture at IIA in SDN 001 Sekatak. This research design used Classroom Action Research (CAR). The subjects in this research were the fifth grade students in SDN 001 Sekatak. The objective of improving students’ achievement: (1) developing count skills; (2) improving students’ skills through mathematics lesson; (3) students’ knowledge about basic of mathematics; and (4) building students’ critical logic, creative and discipline. Based on the result of the research, in first cycle the students’ score was 41.38% and second cycle was 75.68%. The result of observation was the teacher and student ability have positive attitude. By understanding the result of this research, it can be concluded that the number of sets until 500 using picture at fourth grade student in SDN 004 Sekatak can improve the students’ achievement. Keywords: The Students’ Achievement, Picture