
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Materi Akar Pangka Tiga Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Di SDN 008 Tanjung Palas Utara
Pengarang : Herman Hala Pulo - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan sejauh mana penggunaan model pembelajaran STAD pada siswa kelas VI SDN 008 Tanjung Palas Utara untuk meningkatkan hasil belajar dalam memahami materi Akar Pangkat Tiga suatu bilangan.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian diadakan selama enam hari, mulai tanggal 20 sampai dengan 29 Agustus 2013. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 008 Tanjung Palas Utara dengan jumlah siswa sebanyak 27 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan.
Model pembelajaran bersumber sebagai cara untuk mewujudkan situasi pembelajaran yang efektif, kreatif dan menyenangkan, siswa lebih cepat menangkap materi yang diajarkan, serta meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN 008 Tanjung Palas Utara. Pada akhir siklus II terdapat 88,89% atau sebanyak 24 siswa yang nilainya di atas 60 (di atas KKM yang telah ditentukan).
Kata Kunci: Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar
Tidak Tersedia Deskripsi