
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas IV SDN 006 Tanjung Palas Barat Kabupaten Bulungan
Pengarang : Hasnaini - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada Siswa Kelas IV SDN 006 Tanjung Palas Barat Kabupaten Bulungan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdapat 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian psikomotorik siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar aktivitas pengamatan guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Rata-rata hasil belajar pada kognitif meningkat dari siklus I ke siklus II. Maka, persentase keberhasilan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 46% meningkat menjadi 85% pada siklus II. Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada Siswa Kelas IV SDN 006 Tanjung Palas Barat Kabupaten Bulungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
The objective of this research was to improve students’ natural science achievement through cooperative learning Model Type STAD at the fourth grade students of SDN 006 West Tanjung Palas. The design of this research used classroom action research. The research was done in two cycles, each cycle consist of some steps; Planning, Implementing, Observing, Reflecting. The research was conducted at the fourth grade students. The research instruments were test and observation. Based on the result of study in first cycle, the number of percentage was 46% and the second cycle was 83.45%. It indicates that students have gained the criteria of success in this research. By understanding the result of this study, it can be concluded that the use of Cooperative learning model type STAD can improve students’ natural science achievement at the fourth grade students of SDN 006 West Tanjung Palas. Keywords: Students’ Achievement, Cooperative Learning Model Type STAD