Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Tematik (IPA, Bahasa Indonesia, Matematika) Pada Siswa Kelas III Di SDN 001 Sesayap Hilir | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Tematik (IPA, Bahasa Indonesia, Matematika) Pada Siswa Kelas III Di SDN 001 Sesayap Hilir

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Tematik (IPA, Bahasa Indonesia, Matematika) Pada Siswa Kelas III Di SDN 001 Sesayap Hilir

Pengarang : Halimun - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran tematik di kelas III SDN 001 Sesayap Hilir.
Penelitian ini memakai model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu ragam penelitian kelas, yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru, untuk memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran. Desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Alat penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Data yang dikumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.
Hasil analisis data ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I nilai rata-rata adalah 63,34 dan pada siklus II sebesar 74,55. Sedangkan standar kriteria ketuntasan minimal pada pembelajaran tematik adalah 65.00. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar meningkat melalui model pembelajaran tematik pada siswa kelas III SDN 001 Sesayap Hilir.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Tematik, Prestasi Siswa

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi