Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Di Kelas IV SDN 007 Kelubir Tanjung Palas Utara | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Di Kelas IV SDN 007 Kelubir Tanjung Palas Utara

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Di Kelas IV SDN 007 Kelubir Tanjung Palas Utara

Pengarang : Fitriani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya melalui model pembelajaran mind mapping di kelas IV SDN 007 Kelubir Tanjung Palas Utara.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi dan tes pada akhir setiap siklus. Bentuk tes esai dan bersifat individu. Jumlah siswa kelas IV SDN 007 Kelubir Tanjung palas Utara pada penelitian ini adalah 14 siswa.
Sebelum diterapkannya model pembelajaran mind mapping nilai IPS siswa yang tuntas mencapai Ketuntasan Belajar Klasikal nilai ≥65 hanya 43%. Setelah dilaksanakan proses pembelajaran mind mapping pada siklus I diperoleh 64% siswa memperoleh Nilai ≥65, kemudian pada siklus II diperoleh 93% siswa memperoleh nilai ≥65.
Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya melalui model pembelajaran mind mapping di kelas IV SDN 007 Kelubir Tanjung Palas Utara.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Mind Mapping

The purpose of this research is to improve learning outcomes IPS materials ethnic and cultural diversity through mind mapping models of learning in class IV SDN 007 Kelubir Tanjung Palas North. The study was Classroom Action Research (CAR). Data collection was obtained from the observation and tests at the end of each cycle. Form an essay test and an individual. The number of fourth grade students of SDN 007 Kelubir Tanjung Palas North in this study was 14 students. Before the adoption of mind mapping learning model students who pass the value IPS achieve mastery Learning Classical values ≥ 65 only 43%. Having implemented the learning process in the first cycle mind mapping acquired 64% of students gain value ≥ 65, then on the second cycle acquired 93% of students scored ≥ 65. The results of the analysis showed that an increase in the yield learning material IPS ethnic and cultural diversity through mind mapping models of learning in class IV SDN 007 Kelubir Tanjung Palas North. Keywords: Learning Outcomes, Mind Mapping

Detail Informasi