Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Alat Pencernaan Makanan Pada Manusia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media TIK Pada Siswa Kelas V SD Negeri 012 Tanjung Selor | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Alat Pencernaan Makanan Pada Manusia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media TIK Pada Siswa Kelas V SD Negeri 012 Tanjung Selor

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Alat Pencernaan Makanan Pada Manusia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media TIK Pada Siswa Kelas V SD Negeri 012 Tanjung Selor

Pengarang : Djadi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Media TIK pada siswa kelas V SDN 012 Tanjung Selor.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi.
Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata nilai siswa di siklus I adalah 74,96 dan di siklus II adalah 86,63. Ini menunjukkan bahwa siswa telah mencapai indikator kesuksesan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Media TIK bisa meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V SDN 012 Tanjung Selor.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif

The objective of this research was to improve students’ natural science achievement through cooperative learning model of STAD type and Multimedia at the fifth-grade students of SDN 012 Tanjung Selor. The design of this research used classroom action research. The research was done in two cycles, each cycle consists of some steps: Planning, Implementing, Observing, Reflecting. The research was conducted at the fifth-grade students. The research instruments were test and observation. Based on the result of study, the students’ score average on the first cycle was 74.96 and the second cycle was 86.63. It indicates that students have gained the criteria of success in this research. By understanding the result of this study, it can be concluded that the use of Cooperative learning model of STAD type can improve students’ natural science achievement at the fifth-grade students of SDN 012 Bunyu. Keywords: Students’ Achievement, Cooperative Learning Model

Detail Informasi