
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungannya Melalui Media Gambar Di Kelas V SDN 002 Tanjung Palas Barat
Pengarang : Awan Ipui A. - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada materi adaptasi makhluk hidup dengan lingkungan melalui Media Gambar di kelas V SDN 002 Tanjung Palas Barat.
Penelitian Tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar pengamatan aktivitas siswa dan guru.
Dari hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa pada siklus I mencapai ketuntasan 81% dan pada siklus II meningkat menjadi 95%.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada materi adaptasi makhluk hidup dengan lingkungan di kelas V SDN 002 Tanjung Palas Barat.
Kata Kunci: Media Gambar, Hasil Belajar Siswa
The research design of this research used Classroom Action Research (CAR). The objective of this research was to improve the students’ natural science achievement on creatures' adaptation to the environment through Picture Media at fifth grade students in SDN 002 Tanjung Palas Barat. The research was conducted in two circles. Each circle was done into some steps; planning, implementing, observing and reflecting. The research instruments were test and observation sheet. Based on the result of study in first circle the criteria of success were 81% and in the second circle the criteria of success were 95%. By understanding the result of this study, it can be concluded that the Picture Media can improve the students’ natural science achievement on creatures' adaptation to the environment at fifth grade students in SDN 002 Tanjung Palas Barat. Keywords: Picture Media, Students’ Achievement