Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Make A Match Materi Operasi Perkalian Dan Pembagian Pada Siswa Kelas IV SDN 012 Tanjung Selor | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Make A Match Materi Operasi Perkalian Dan Pembagian Pada Siswa Kelas IV SDN 012 Tanjung Selor

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Make A Match Materi Operasi Perkalian Dan Pembagian Pada Siswa Kelas IV SDN 012 Tanjung Selor

Pengarang : Andi Zainudin - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan model Make a Match materi operasi perkalian dan pembagian pada siswa kelas IV SDN 012 Tanjung Selor.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas IV. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi.
Hasil penelitian di siklus I, persentase ketuntasan siswa adalah 42% dan di siklus II adalah 85,5%. Sedangkan, rata-rata nilai siswa di siklus I adalah 65 dan di siklus II adalah 77,5.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Make a Match bisa meningkatkan hasil belajar Matematika di kelas IV SDN 012 Tanjung Selor.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Make a Match

The objective of this research was to improve students' mathematics achievement on multiplication and division subjects by using the Make a Match model at the fourth-grade students of SDN 012 Tanjung Selor. The design of this research used classroom action research. The research was done in two cycles, each cycle consists of some steps: Planning, Implementing, Observing, Reflecting. The research was conducted at the fourth-grade students. The research instruments were test and observation. Based on the result of study in the first cycle, the percentage was 42% and the second cycle was 85.5%. While the students' score average on the first circle was 65 and the second cycle was 77.5. By understanding the result of this study, it can be concluded that the use of Make a match model can improve students' mathematics achievement at the fourth-grade students of SDN 012 Tanjung Selor. Keywords: Students' Achievement, Make a Match Model

Detail Informasi