
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Fungsi Rangka Manusia Dan Pemeliharaannya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Alat Peraga Torso Dan Gambar Di Kelas IV SDN 007 Tanjung Selor
Pengarang : Aminah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi fungsi rangka dan pemeliharaannya melalui model pembelajaran kooperatif berbantuan alat peraga torso dan gambar di kelas iv sdn 007 tanjung selor. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdapat 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian psikomotorik siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar aktivitas pengamatan guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Rata-rata hasil belajar pada aspek psikomotorik untuk semua aspek yang diperoleh siswa pada siklus I ke siklus II meningkat sebesar 15,4. Sedangkan rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif meningkat dari siklus I ke siklus II. Maka, persentase keberhasilan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 57,14% meningkat menjadi 85,71% pada siklus II.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif berbantuan alat peraga torso dan gambar pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN 007 Tanjung Selor dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran Kooperatif
The objective of this research was to improve students’ natural science achievement on skeleton function and its maintenance through cooperative learning model with torso and picture visual aids for fourth grade students of SDN 007 Tanjung Selor. The design of this research used classroom action research. The research was done in two cycles, each cycle consisting of some steps: Planning, Implementing, Observing, Reflecting. The research was conducted in the fourth grade. The research instruments were test and observation. Based on the result of study in the first cycle, the percentage was 57.14% and the second cycle was 85.71%. It indicates that students have gained the criteria of success in this research. By understanding the result of this study, it can be concluded that the use of Cooperative Learning Model with Torso and Picture Visual Aid can improve students’ natural science achievement in the fourth-grade students of SDN 007 Tanjung Selor. Keywords: Students’ Achievement, Cooperative Learning Model, Torso and Picture Visual Aid