Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Perkalian Dan Pembagian Bilangan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Di Kelas IV-A SDN 004 Sekatak | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Perkalian Dan Pembagian Bilangan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Di Kelas IV-A SDN 004 Sekatak

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Perkalian Dan Pembagian Bilangan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Di Kelas IV-A SDN 004 Sekatak

Pengarang : Abdul Karim - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi perkalian dan pembagian bilangan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di Kelas IV SDN 004 Sekatak.
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing­-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdapat 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian psikomotorik siswa, Iembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar aktivitas pengamatan guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Rata-rata hasil belajar aspek psikomotorik untuk semua aspek yang diperoleh siswa pada siklus I ke siklus II meningkat sebesar 21,54. Sedangkan persentase keberhasilan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 56,67% meningkat menjadi 83,33% pada siklus II.
Kesimpulan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada pembelajaran matematika siswa kelas IV SDN 004 Sekatak dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)

The objective of this research was to improve students' mathematics achievement of multiplication and division through cooperative learning type numbered heads together (NHT) at fourth grade students in SON 004 Sekatak. Classroom Action Research (CAR) was done in 2 cycles. This research was done into some steps: planning, implementing, observing and reflecting. The research instruments were an observation sheet and test. Based on the result of the research in first cycle to second cycle in psychomotor the students' score was 21.54 and the percentage of classical learning in first cycle the students' score was 56.67 % and second cycle was 83.33%. By understanding the result of this research, it can be concluded that the using cooperative learning type numbered heads together (NHT) at fourth grade students in SON 004 Sekatak can improve the students' achievement. Keywords: The Students' Achievement, Cooperative Learning Type Numbered Heads Together (NHT)

Detail Informasi