Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbantukan Alat Peraga Sederhana Pada Siswa Kelas VA SDN 009 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
No image available for this title

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbantukan Alat Peraga Sederhana Pada Siswa Kelas VA SDN 009 Tarakan

Pengarang : Zaenab - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pembelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) berbantukan alat peraga sederhana bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika.
Pembelajaran ini merupakan salah satu tipe pembelajaran dimana siswa dilibatkan dalam kelompok kecil untuk saling bekerjasama dalam mencari sendiri informasi. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA semester II SDN 009 Tarakan, Kelurahan Karang Anyar Tarakan Kecamatan Tarakan Barat melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI).
Berdasarkan hasil pengelolahan dan analisis data tentang perkembangan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation(GI) berbantukan alat peraga sederhana, hasil belajar matematika pada siswa kelas VA SDN 009 Tarakan meningkat. Berdasarkan penilaian hasil belajar matematika nilai rata-rata tes formatif 80,00% meningkat menjadi 80,18%. Jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus I ada 31 siswa dengan persentase ketuntasan 77,50%, dan pada siklus II meningkat 33 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 82,50%.
Kesimpulan bahwa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) berbantukan alat peraga sederhana siswa lebih berperan aktif dalam berdiskusi dan bekerjasama dalam kelompoknya.

Kata Kunci: Tipe Group Investigation (GI), Hasil Belajar, Alat Peraga Sederhana

The aim of study match using cooperative learning group investigation type model by simple visual aid instrument is to increase the result of match study. This study is one type of learning type where the students in a small group work together to find the information. The purpose of this research is to increase the study result of VA grade students at SDN 009 Tarakan by cooperative learning group investigation (GI). Based on the tabulating and data analysis about the development of students, study results by cooperative learning group investigation (GI) using simple visual aid instruments of VA grade students at SDN 009 Tarakan is increasing. Based on the study result of Match the average score of the formative test is 80.00% increase and becomes 80.18%. The total students that pass in cycle 1 are 31 students with 77.50% completeness, and in cycle II increase become 33 students with 82.50% completeness. The conclusion is by implementation of cooperative learning group investigation (GI). Using simple visual aid instruments made the students more active in discussion and work together in their group. Keywords: Group Investigation Type (GI), Study Result, Simple Visual Aid Instrument

Detail Informasi