Pemanfaatan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Keanekaragaman Suku Bangsa Dan Budaya Kelas IV SD Negeri 048 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pemanfaatan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Keanekaragaman Suku Bangsa Dan Budaya Kelas IV SD Negeri 048 Tarakan

Pemanfaatan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Keanekaragaman Suku Bangsa Dan Budaya Kelas IV SD Negeri 048 Tarakan

Pengarang : Wildawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Kegiatan belajar mengajar merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, sebab siswa melakukan kegiatan belajar karena guru mengajar, guru mengajar agar siswa belajar. Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan pelajaran yang banyak mengandung hafalan, oleh karena itu diperlukan metode yang dapat memberikan kesan tidak membosankan, menyenangkan dan menantang.
Metode STAD merupakan salah satu tipe dari model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota tiap kelompok 4-5 orang siswa secara heterogen.
Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 048 Tarakan dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV. Data diperoleh dari hasil evaluasi yang dilakukan setelah beberapa tahap penelitian ditempuh, kemudian dilakukan analisis data. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa. Hal ini terlihat dengan meningkatnya rata-rata nilai dari 68 pad siklus I menjadi 85 pada siklus II.
Adapun saran yang dikemukakan adalah Modul/diktat bahan ajar diberikan lebih awal, sehingga ada cukup waktu. bagi siswa untuk memahami, Tugas diberikan pada siswa dalam bentuk eksperimen, Pada akhir pelaksanaan Student Team Achievement Division (STAD) hendaknya diadakan penegasan konsep.

Kata Kunci: Kooperatif, STAD, IPS

Learning activities are two things that cannot be separated because a student does learn activities because the teacher is teaching. The teacher is teaching many bees to memorize, therefore needed a method that can give the impression of not being boring, fun, and challenging. A method STAD reform one from cooperative learning Model to use a little teams Number of members 4 – 5 students heterogeny. Researchers can do at Elementary school 048 Tarakan To destination increase student achievement learning grade IV. The data obtained from the result often does it step by step. Research then does analysis; research does two-time cycles. result research show to increase achievement student learning it has been by the average value to 68 first cycles on second cycles. As for the suggestions found, module materials are given early so there are enough students to time understand for assignments given to student experiments. The last implementation student team achievement division (STAD) should be held. Keywords: Cooperative, STAD Sociology (IPS)

Detail Informasi