Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Di Kelas IV-4 SDN Utama 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Di Kelas IV-4 SDN Utama 2 Tarakan

Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Di Kelas IV-4 SDN Utama 2 Tarakan

Pengarang : Uut Tri Utami - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing di kelas IV- 4 SDN Utama 2 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah membuat indikator keberhasilan sebagai parameternya terdiri dari: observasi pembelajaran di sekolah, motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif yaitu motivasi belajar siswa dan data kuantitatif yaitu hasil belajar.
Setelah dilakukan penyebaran angket untuk mengukur besarnya motivasi, tes tertulis untuk mengukur hasil belajar adalah pada siklus I 75,7% untuk motivasi dan 80% untuk hasil belajar. Siklus II 82,03% untuk motivasi dan 93% untuk hasil belajar. Peningkatan motivasi dari siklus I ke siklus II adalah 6,33% dan 13% untuk hasil belajar.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing motivasi siswa dalam belajar IPS meningkat disertai hasil belajar.

Kata Kunci: Meningkatkan Motivasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing

The purpose of research is to improve students' motivation in learning social studies using cooperative learning model type snowball throwing in class IV-4 Utama SDN 2 Tarakan. The type of research is classroom action research (CAR). The data analysis techniques used in this study are qualitative and quantitative research. After analyzing test questionnaires done to measure the motivation and written tests to measure learning outcomes he found that they are in the first cycle to 75,7% motivation and learning outcomes of 80%. While cycle II for motivation and learning outcomes 82,03% to 93% so the increases from cycle I to cycle II are 6,33% for motivation and for 13% learning outcomes. The results of study showed that learning by using cooperative learning models snowball throwing students' motivation in social studies increased with learning outcomes. Keywords: Improving Student's Motivation, Cooperative Learning Model Snowball Throwing

Detail Informasi