Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Anak Dengan Menggunakan Media Audio Visual Siswa Kelas VI SD Citra Bangsa Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Anak Dengan Menggunakan Media Audio Visual Siswa Kelas VI SD Citra Bangsa Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Anak Dengan Menggunakan Media Audio Visual Siswa Kelas VI SD Citra Bangsa Tarakan

Pengarang : Tihar - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi pencapaian belajar siswa dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik cerita anak menggunakan media audio visual mulai tanggal 6 Agustus 2012 s/d 6 Oktober 2012 dengan subyek penelitian sebanyak 24 siswa kelas VI SD Citra Bangsa Tarakan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Untuk memperoleh data akan dilakukan tes untuk mengetahui sejauh mana hasil belajar siswa dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita anak.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik cerita anak dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari adanya kenaikan pada siklus (1) 4,41% dan siklus (2) 7,56%. Dengan nilai rata-rata siswa pada siklus II 74,16. Ini terlihat dari jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa atau sekitar 16,67% dan siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa atau sekitar 83,33% dari jumlah siswa sebanyak 24 orang.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita, Media Audio Visual

The purpose of this research is to get information about the students' attainment to identify the intrinsic value of children's stories by using audio visual media. It began on 6th August 2012 to 6th October 2012 with the subject research consisting of 24 students from sixth grade SD Citra Bangsa Tarakan. The research using the PTK classroom activities method, done in 2 cycles, each cycle has 4 stages. They are planning, implementation, observation, and reflection. To get data a test will be done to know the average value of students to identify the intrinsic value of children's stories. The result of data analysis indicates that the learning identifies the intrinsic value of children's stories by using audio visuals to improve the student's ability. It can be seen that the first cycle is 4,41% and the second cycle is 7,56%. The average value of students in the second cycle is 74,16. There are 4 students or about 16,67% that do not pass and 20 students or about 83,33% that pass 24 students. Keywords: The Result of Study, Identifying the Intrinsic of Story, The Audio-Visual Media

Detail Informasi