Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pesawat Sederhana Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Siswa Kelas V-A SDN 029 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pesawat Sederhana Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Siswa Kelas V-A SDN 029 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pesawat Sederhana Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Siswa Kelas V-A SDN 029 Tarakan

Pengarang : Theresia Mira - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas V-A SDN 029 Tarakan ditemukan adanya permasalahan, yaitu lain 1) siswa tidak antusias pada saat awal sampai akhir pelajaran, 2) suasana kelas gaduh dan sebagian besar siswa tidak tertarik/menikmati pelajaran, 3) kelompok tidak terjadi interaksi yang kondusif pada saat diskusi, dan 4) siswa menganggap pelajaran IPA adalah beban.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa dengan penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together di kelas V-A SDN 029 Tarakan. Subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa kelas V-A SDN 029 Tarakan yang berjumlah 34 siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi.
Hasil belajar pada siklus 1 rata-rata yang diperoleh diperoleh 74 dengan ketuntasan belajar 74%, dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dengan rata-rata 80 dengan ketuntasan belajar klasikal 85%. PTK ini adalah dengan penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together di kelas V-A SDN 029 Tarakan. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together di kelas VA SDN 029 Tarakan meningkatkan hasil belajar pada materi Pesawat Sederhana.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Numbered Heads Together

The based on the observations in class V-A SDN 029 Tarakan found any problems, the others 1) students are not enthusiastic at the beginning to the end of the lesson, 2) rowdy classroom atmosphere and most students are not interested / enjoying the lesson, 3) the interaction does not occur conducive to the discussion, and 4) students consider science lessons are a burden. The purpose of this study is to determine the improvement of learning Achievement of students with the application of the science of learning in the classroom Numbered Heads Together V-A SDN 029 Tarakan. Subject Classroom Action Research is class 029 V-A SDN Tarakan totaling 34 students. Classroom Action Research was conducted in two cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation / observation and reflection. Data collection techniques used were tests and observation. Learning Achievement at cycle 1 average gained 74% with mastery learning gained 74%, and on the second cycle increased learning outcomes with an average of 80 to 85% mastery learning classical. PTK is the application of learning models Numbered Heads Together in class V-A SDN 029 Tarakan. It can be concluded that the use of Numbered Heads Together V-A SDN 029 Tarakan. Keywords: Learning Achievement, Science, Numbered Heads Together

Detail Informasi