
Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Di SDK St Fransiskus Xaverius Tarakan
Pengarang : Sarmilah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Di SDK ST Fransiskus Xaverius Tarakan dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 31 orang siswa dengan rincian perempuan 17 orang siswa dan laki – laki 14 orang siswa.
Penelitian ini memakai model penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu ragam penelitian kelas, yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah-masalah pelajaran yang dihadapi oleh guru, untuk memperbaiki mutu dan hasil pelajaran. Desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif
Berdasarkan hasil analisa data diperoleh nilai rata-rata siklus I 73.87 dan siklus II sebesar 81.93 sedangkan secara klasikal ketuntasan sebesar 87.09%. Hasil analisa data ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam mengenal perkembangan teknologi pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV Sdk St Fransiskus Xaverius Tarakan mengalami peningkatan setelah pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan media gambar. Untuk itu disarankan dalam proses belajar mengajar menggunakan media yang tepat untuk setiap pembelajaran agar mendapatkan hasil yang maksimal.
Kata Kunci: Perkembangan Teknologi, Hasil Belajar, dan Media Gambar
This study aims to improve Student Learning Outcomes At IPS Lesson IV Class In Sdk St Francis XavierTarakan using media images. This research is a classroom action research. subjects were students class IV consisting of 31 female students with details of 17 students and young people - men 14 students. The study used the model of action research (PTK) is a wide class research, conducted by the teacher to solve the problems faced by the teachers' lessons, to improve the quality and learning outcomes. The research design consisted of planning, implementation, observation, and reflection. The experiment was conducted two cycles. The method used is descriptive qualitative and quantitative methods. Based on analysis of data obtained by the average value of the first cycle of 73.87 and 81.93 while the second cycle in the classical completeness of 87.09%. Results of this data analysis it can be concluded that the students' ability in identifying technological developments in social studies fourth grade students Sdk St Francis Xavier Tarakan increased after learning implemented using media images. It is suggested in the learning process using appropriate media for each lesson in order to get maximum results. Keywords: Technology Developments, Learning Outcomes, And Media Images