
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pencernaan Makanan Pada Manusia Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture Siswa Kelas V-A SDN 031 Tarakan
Pengarang : Sani Mamiliani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan hasil belajar siswa tentang cahaya menggunakan model pembelajaran picture and picture, pada subjek PTK siswa kelas V-A SDN 031 Tarakan.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masingmasing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dari hasil observasi peneliti menggunakan Lembar Kerja Siswa, Lembar Aktivitas Guru, dan Tes Hasil Belajar (THB). Teknik analisis data yang digunakan peneliti untuk menentukan ketuntasan belajar secara individual dan ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus. Hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan belajar 48.28% dan pada siklus II ketuntasan belajar klasikal 82.76%.
Kesimpulan PTK ini adalah penggunaan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V-A SDN 031 Tarakan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran Picture and Picture, Pencernaan Makanan pada Manusia
The objectives of this study is to improve student’s learning Achievement with the material science of human digestive system using learning model picture and pictures on the Grade 5-A students at SDN 031 Tarakan. Classroom action research had done in 2 cycles, each consist of 4 steps are; Planning, Action, Observation and Reflection. The data collection techniques are based on the student’s worksheet, Teacher’s worksheet and examination. The data analysis technique is to determine individual mastery learning and classical mastery learning. This study shows that student’s learning an achievement is increase. It is proved by the result in each cycle. Student’s learning Achievement in 1st cycle is 48,28% mastery learning and in the 2nd cycle is 82,76% classical mastery learning. The conclusion of this classroom action research is the use of picture and picture learning model obtain the increase of student’s learning achievement in grade 5-A at SDN 031 Tarakan. Keywords: Learning Achievement, Natural Science, Picture and Picture Model Learning, Human Digestive System