
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Keanekaragaman Kenampakan Alam Dengan Menggunakan Metode Diskusi Berbantuan Media Gambar Di Kelas IV-B SDN 031 Tarakan
Pengarang : Sumardiono - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi pentingnya keanekaragaman kenampakan alam menggunakan metode diskusi di SDN 031 Tarakan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan non tes.
Hasil belajar IPS pada tes awal sebelum siklus diperoleh rata-rata 43,33 dengan ketuntasan belajar 38,10 % , pada siklus I rata-rata diperoleh 75,10 dengan ketuntasan belajar 52,38%, dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dengan rata-rata 84,03 dengan ketuntasan belajar mencapai 85,71%. Kesimpulan dari PTK ini adalah penggunaan metode diskusi berbantuan media gambar di kelas V-B SDN 031 Tarakan dapat ditingkatkan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Diskusi
The purpose of this study to determine the application of the discussion method can improve student learning outcomes the importance of diversity of natural features material using the method of discussion on SDN 031 Tarakan . Classroom action research was conducted in two cycles , which consists of four phases : planning , implementation , action and observation , reflection . Data collection techniques used in the form of tests and non-test. Civice learning outcomes at the beginning of the test cycle before obtained an average of 43.33 with 38.10 % mastery learning, in the first cycle average gained 75,10 to 52,38 % mastery learning, and the second cycle increasing learning outcomes with an average of 84,03 with mastery learning reaches 85.71 %. The conclusion of this PTK is the use of media -assisted discussion in class VB image SDN 031 Tarakan can be improved. Keywords: Learning Outcomes, Methods of Discussion