Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas V SDN 033 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas V SDN 033 Tarakan

Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas V SDN 033 Tarakan

Pengarang : Sri Wahyuni - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil keterampilan berbicara dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas V SDN 033 Tarakan tahun ajaran 2012/2013.
Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 033 Tarakan tahun ajaran 2012/2013 berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Instrumen penelitian untuk memperoleh data perkembangan siswa dan guru adalah observasi terhadap aktivitas siswa dan guru, dan rubrik penilaian keterampilan berbicara siswa.
Hasil yang diperoleh setelah dilaksanakannya pola pembelajaran ini yaitu rata-rata hasil belajar siswa kelas V SDN 033 Tarakan meningkat, yang semula rata-rata kelas terhadap hasil belajar siklus I memperoleh nilai rata-rata 62. Pada pelaksanaan penelitian siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 77. Siswa kelas V SDN 033 Tarakan tuntas dengan skor nilai mencapai KKM pembelajaran 75.00. Persentase klasikal siklus I (18.75%) dan persentase klasikal siklus II (84.37%). Berdasarkan uraian diatas bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia.

Kata Kunci: Meningkatkan Kemampuan Berbicara, Model Kooperatif Tipe Jigsaw, Penelitian Tindakan Kelas

The purpose of this research is to improve the process and results conversational skills using cooperative learning model jigsaw in grade 5 SDN 033 Tarakan academic year 2012/2013. This research has the form of Classroom Action Research (CAR). Subject witch is used in this study were students in grade 5 SDN 033 Tarakan on the academic year 2012/2013 amount to 32 student consist of 12 man students and 20 woman students. Research was conducted in 2 cycles where each cycle consists of 2 meetings. Research instrument to obtain data on the development of students and teacher is the observation of student aktivities and teacher, and speaking skills of students scoring rubric. Result obtained after the implementation of the learning patterns are the average results of students of class 5 SDN 033 Tarakan increased, the original class average on learning outcomes cycles I obtain an average value of 62. On the implementation of the research cycle II average value increased to 77. Grade 5 students completed SDN 033 Tarakan with a score value reached 75.00 KKM learning. Percentage classical cycle I (18,75%) and the percentage of cycle classical II (84.37%). Based on the description above that learning to use a jigsaw cooperative learning model to improve students speaking skills on subjects Indonesia. Keywords: Improve Speaking Skill, Cooperative Models Jigsaw, Classroom Action Research

Detail Informasi