
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IV A SDN 004 Tarakan
Pengarang : Sri Wahyuni - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas IV A SDN 004 Tarakan. Jigsaw merupakan salah satu model pembelajaran koopertif di mana siswa ditempatkan dalam tim 4 sampai 6 orang untuk mempelajari materi yang telah dibagi menjadi beberapa bagian untuk setiap anggota. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2013.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SDN 004 Tarakan paada tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 34 orang yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Siswa yang mencapai ketuntasan sebelum tindakan kelas adalah 16 atau 47,05% dari 34 siswa, dengan nilai rata-rata hasil belajar 68,2. Pada siklus I siswa yang tuntas 24 atau 70,59% dengan nilai rata-rata 72,3. Di sisi lain, siklus II 94,11% dengan hasil belajar rata-rata 76,6. Sehingga dapat dikatakan implementasi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV A SDN 004 Tarakan tahun ajaran 2012/2013.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar IPS
This study is to improve learning outcomes of IPS lesson using jigsaw type cooperative learning model for Grade IV A students at SDN 004 Tarakan. Jigsaw is one of the cooperative learning models where students are placed in a team of 4 to 6 people to learn the material that has been divided into some sections for each member. The study was conducted in May 2013. The subjects of this study were fourth year students of SDN 004Tarakan in 2012/2013 academic year with the total students is 34 people that consisting of 20 boys and 14 girls. The techniques of data collection was done through an observation and test while the technique of data analysis was through the using of the descriptive analysis. Students who achieved mastery before implementation of the class action was 16 or 47,05% of the 34 students, with an average value of 68,2. In first cycle students who completed 24 or 70,59% with an average value of 72,3. On the other hand, the second cycle 87.5% with an average learning output of 82.75. Thus, it can be said the implementation of cooperative learning jigsaw type can improve student learning output of grade IV A students at SDN 004 Tarakan in 2012/2013 academic year. Keywords: Cooperative Learning Jigsaw, Output of IPS