Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Melalui Penggunaan Alat Peraga Siswa Kelas II B SD Negeri 001 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Melalui Penggunaan Alat Peraga Siswa Kelas II B SD Negeri 001 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Melalui Penggunaan Alat Peraga Siswa Kelas II B SD Negeri 001 Tarakan

Pengarang : Siti Sadiah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Dalam pelaksanaan penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas II B SD Negeri 001 Tarakan Semester II Tahun Pembelajaran 2011/2012. Yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes (tertulis dan lisan) dan non tes (lembar observasi guru dan siswa), dan instrumen validasi isi. Hasil penelitian di analisis menggunakan statisik deskriptif (sederhana) yaitu teknik presentase dan dihubungkan dengan standar yang telah ditetapkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Datar Melalui Penggunaan Alat Peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II B SD Negeri 001 Tarakan tahun pembelajaran 2011/2012. Hasil belajar siswa kelas II B SD Negeri 001 Tarakan tahun pembelajaran 2011/2012 mata pelajaran matematika yang diajarkan dengan melalui penggunaan alat peraga mengalami peningkatan. Kemampuan kognitif yang diukur terjadi peningkatan rata-rata 40% yaitu dari 60% (12 orang siswa tidak tuntas) pada siklus I menjadi 100% (semua siswa tuntas) pada siklus II. Kemampuan afektif yang diukur terjadi peningkatan sebesar 17,50% yaitu dari 70,00% pada siklus I menjadi 88,50% pada siklus II. Kemampuan psikomotorik yang diukur terjadi peningkatan sebesar 18,10% yaitu dari 71,25% pada siklus I menjadi 89,35% pada siklus II.

In this study was used Classroom Action Research with two cycles. The sample of research is students of grade IIB of SDN 001 Tarakan that is consists of 12 boys and 18 girls. The technique data collecting is by using technique test (written and orally) and non-test (teachers' observation and students' observation), and content validation. The result of research is connected with the standard minimum which has been fixed. The research result shows that Mathematic is improving students learning result of the two B Grade Students of SDN 001 Tarakan in academic year 2011/2012. The students learning result of the two B grade student of SDN 001 Tarakan in academic year 2011/2012 for Mathematic. Ability cognitive is improving 40% from 60% at the cycle one becomes 100% at the cycle two. Ability affective is improving 17,50% from 70,00% at the cycle one becomes 88,50% at the cycle two. Ability affective is improving 18,10% from 71,25% at the cycle one becomes 89,35% at the cycle two.

Detail Informasi