
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Alat Pencernaan Manusia Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Berbantuan Alat Peraga Torso Di Kelas V-D SDN 029 Tarakan
Pengarang : Siti Rizkina Fauziya - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi dan meningkatkan hasil belajar siswa materi organ pencernaan Makanan pada manusia menggunakan metode demonstrasi beerbantuan alat peraga torso dikelas V-D SDN 029 Tarakan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan 2 siklus, yang terdiri dari 4 tahapan yaitu pencernaan, pelaksanaan tindakan kelas, observasi, refleksi, teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan non tes.
Tes hasil belajar IPA pada siklus I diperoleh rata–rata yakni 71,56 dan pada siklus II 87,4 sehingga terjadi peningkatan rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 79,48,pada siklus I Siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 17 sisa dari 34 orang sehingga jika dipersentasikan jumlah ketuntasannya hanya mencapai 51,52 % Namun pada siklus II siswa yang telah mencapai KKM 65.
Kata Kunci: Hasil Demonstrasi Dibantu Metode Pembelajaran Alat Peraga Torso
The purpose of this study is to determine the application demonstration methods and to improve the student learning result about tools of human digestion by using demonstrations aided learning methods props torso in class VD SDN 029 Tarakan. The action research was carried out2 cycles, comprising four stages of they are: Digestion class action, observation and reflection, the data collection techniques used tests and non-test. Science achievement test on the first cycle gained an average 71,56 and the second cycle 87,4. Resulting in an average increase from cycle I to Cycle II are 79,48. On the first cycle, students who have achieved KKM (Completeness Criteria Of Maximum) are 17 students from 34 students, so if we percentage only 51,52 %. How ever on the second cycle students who have reached the KKM (Completeness Criteria O Maximum) are 28 students from 34 students. So, if we percentage the number has reached 84,85%, so it can be concluded the use of methods of assisted demonstration props torso to improve student learning result of cals VD at SDN 029 Tarakan. Keywords: Result Of Demonstrations Aided Learning Methods Props Torso