Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Area Sains Menggunakan Media Puzzle Buatan Sendiri Di Kelompok Bl RA Handayani Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Area Sains Menggunakan Media Puzzle Buatan Sendiri Di Kelompok Bl RA Handayani Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Area Sains Menggunakan Media Puzzle Buatan Sendiri Di Kelompok Bl RA Handayani Tarakan

Pengarang : Siti Jam’ah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa di RA Handayani Tarakan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 20 Mei–24Mei 2013.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah anak kelompok B1 RA Handayani Tarakan, dengan jumlah 25 anak. Dengan rincian 12 anak perempuan dan 13 anak laki-laki.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat dilihat dari ketiga aspek pengamatan yaitu pada aspek ketepatan dalam menyusun kepingan puzzle meningkat dari 62% menjadi 81% atau mengalami peningakatan sebanyak 19%. Pada aspek ketepatan dalam menyusun gambar meningkat dari 61% menjadi 82% atau mengalami peningakatan sebanyak 21%. Dan pada aspek kelancaran bercerita dari siklus pertama dan siklus kedua terdapat peningkatan hasil belajar yaitu sebesar 21% yaitu dari 59% menjadi 80%.

Kata Kunci: Puzzle, Sains, Media Pembelajaran

This study aims to determine the improvement of student learning outcomes in RA Handyani Tarakan Learning Year 2012/2013. This study was conducted from May 20-May 24, 2013. Subjects were children in group B1 RA Handayani Tarakan, with a total of 25 children. With details of 12 girls and 13 boys. Based on the research that has been carried out can be seen from the three aspects of the observations on aspects of precision in drafting puzzle pieces increased from 62% to 81% or as much as 19% experienced improvement. In the aspect of accuracy in preparing the images increased from 61% to 82% or 21% peningkatan experience. And on the smooth storytelling aspect of the first cycle and second cycle there is an increase in the learning outcomes by 21%, from 59% to 80%. Keywords: Puzzle, Science, Learning Media

Detail Informasi