Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Media Gambar Di Kelas VB SDN 033 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Media Gambar Di Kelas VB SDN 033 Tarakan

Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Media Gambar Di Kelas VB SDN 033 Tarakan

Pengarang : Siska Tika - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media gambar di kelas VB SDN 033 Tarakan. Penelitian ini dilakukan di SDN dengan subyek siswa kelas V sebanyak 32 siswa yang terdiri dari 11 putra dan 21 putri.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas di adaptasi dari teori Kemmis & Mc. Taggart, yang meliputi empat tahap yaitu (1) planning, (2) acting, (3) observing dan (4) reflecting. Sedangkan teknik pengumpulan data dan analisis data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes
Hasil analisis tes akhir siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 70,6 Didapat 11 siswa belum tuntas (34,38%) dan 21 siswa sudah tuntas (65,62%). Kendala siswa yang belum tuntas adalah siswa kurang aktif dalam diskusi kelompok serta kurang memperhatikan penjelasan guru. Hasil tes akhir siklus II rata-ratanya adalah 80,31 terdapat 3 siswa (9,37%) belum tuntas, 29 siswa (90,63%) tuntas. Karena nilai rata-rata kelas yang dicapai dan ketuntasan belajar sudah melebihi tolak ukur yang ditentukan, yaitu nilai rata-rata kelas 65 dan ketuntasan belajar 75% maka pelaksanakan siklus I dan siklus II sudah cukup dan penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan menggunakan media gambar kemampuan menulis puisi dalam kegiatan belajar Bahasa Indonesia di SD Negeri 033 Tarakan dapat meningkat.

Kata Kunci: Menulis Puisi, Media Gambar

As for goals to riseacher for increase ability written poetry to used media image in the grade VB elementary school 033 Tarakan. The riseacher has does in elementary school whte subject students grade VB 32 students and 11 mcn and 21 Women. The planning riseacher to used is riseacher action from kemmis teory to speech Mr Taggart and four steap is 1) Planning 2) Acting 3) Observing 4) Reflecting. Then is data collect and data analysis has used technique documentary and tes. Result analysis the last test siklus first aragge to 70,6 has 11 student not complete (34,38%) and 21 studentt to complete (65,62%). The students problems not complete because some student does not serius to explain. Result analysis the second siklus aragge to 80,31 and 3 students score (9,37%) an not compplete, 29 students has to score (90,63%) has compplete. Because arragge to grade and do more to studying is arragge to grade to 65 and 75% studying complete. Then do siklus firstand second is enough to risearcherr grade action the successful. Conclusions to obtained from ricearcher is used media image ability to writed poetry in learning activities Indonesia language Indonesia at elementary school 033 Tarakan can increase. Keywords: Writing Poetry, Media Images

Detail Informasi