
Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di SDN Utama 1 Tarakan
Pengarang : Septi Hardianti Dwi Putri - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini berujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation di SDN Utama 1 Tarakan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan observasi/ pengamatan dan refleksi. Instrumen penggumpulan data yang digunakan berupa Angket atau kuesioner dan lembar observasi aktivitas guru dalam mengelolaan pembelajaran dan lembar observasi aktivitas siswa.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS terbukti dari hasil analisis hasil angket siswa pada siklus I mencapai 6,66%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 86% siswa yang termasuk pada kategori berminat. Sedangkan total rata-rata aktivitas siswa mencapai 86% pada siklus I dan meningkat menjadi 90% pada siklus II.
Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada siswa kelas IV SDN Utama 1 Tarakan dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SDN Utama 1 Tarakan.
Kata Kunci: Minat Belajar Siswa, IPS, Group Investigation
The purpose of this study to increase students interest in the fourth grade social studies using cooperative learning Group Investigation in SDN 1 Tarakan. Classroom Action Research (PTK ) is carried out in two cycles, each cycle consisting of four phases: planning, implementation of action observation and reflection. Instrument data used in the form of questionnaire and observation sheets activity in the learning and teacher observation of student activity sheets. Based on the results of the study showed an increase in student interest in social studies is evident from the analysis of the results of student questionnaire on the first cycle reaches 6.66%. While in the second cycle increased to 86% of students included in the category of interest. While the average total student activity reached 86% in the first cycle and increased to 90% in the second cycle. The use of cooperative learning type Group Investigation in grade IV main SDN 1 Tarakan can increase student interest class IV Main SDN 1 Tarakan. Keywords: Interest in Learning Students, IPS, Group Investigation