
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Examples Non Examples Pada Pelajaran IPS Materi Permasalahan Sosial Kelas IV–I SDN Utama 2 Tarakan
Pengarang : Satrio Yoga Pratama - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPS pada materi permasalahan sosial dengan subjek penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) siswa kelas IV – I SDN Utama 2 Tarakan.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus dari tanggal 20 Mei – 30 Mei semester genap 2012/2013. Masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi pengamatan siswa dan lembar observasi pengamatan guru, lembar angket serta tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif yaitu motivasi belajar siswa dan kuantitatif yaitu hasil belajar.
Setelah dilakukan penyebaran angket untuk mengukur motivasi, dan tes hasil belajar maka diperoleh hasil pada siklus I dengan kriteria tinggi – sangat tinggi 23 orang (74 %), sedang – sangat rendah 8 orang (26%), rata-rata keseluruhan motivasi belajar 64,6% sedangkan untuk ketuntasan hasil belajar 21 orang (68%) tidak tuntas 10 orang (32%). Hasil Siklus II dengan kriteria tinggi – sangat tinggi 31 orang (100 %), sedang – sangat rendah tidak ada (0%), rata-rata keseluruhan motivasi belajar 84,7% dan ketuntasan hasil belajar 26 orang (84%) tidak tuntas 5 orang (16%). Peningkatan motivasi dari siklus I ke siklus II adalah 20,1 % dari rata-rata keseluruhannya dan hasil belajar 16%.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Examples Non-Examples
This study aims to increase the motivation to learn the material IPS on social issues with research subjects Classroom Action Research (CAR) grade IV - I SDN 2 Tarakan. Classroom Action Research (CAR ) is carried out in two cycles from the date of May 20 to May 30 semester 2012/2013 . Each consisting of four stages: planning, action, observation and reflection . Data collection instruments used were observation sheet observation of students and teacher observation sheet observation, questionnaire sheets and achievement test. The data analysis technique used is the qualitative and quantitative student motivation to learn the results. After distributing questionnaires to measure motivation, and achievement test results are obtained in the first cycle with high criteria - very high 23 (74%), moderate - very low 8 people (26%), the average overall motivation to learn 64, 6% for mastery of learning outcomes while 21 people (68%) did not complete 10 people (32%). Cycle II results with the criteria of high - very high 31 (100%), moderate - very low to no (0%), an average of 84.7% overall motivation and mastery of learning outcomes 26 people (84%) did not complete 5 people (16%). Increased motivation from the first cycle to the second cycle was 20.1% of the average overall and 16% learning outcomes. Keywords: Motivation, Examples of Cooperative Learning Model Non-Examples