Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Menulis Puisi Dengan Menggunakan Metode Konstektual Di Kelas V SD Al-Irsyad Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Menulis Puisi Dengan Menggunakan Metode Konstektual Di Kelas V SD Al-Irsyad Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Menulis Puisi Dengan Menggunakan Metode Konstektual Di Kelas V SD Al-Irsyad Tarakan

Pengarang : Sapariah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar Bahasa Indonesia dalam menulis puisi melalui metode konstektual di kelas V SD AlIrsyad Tarakan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, siklus I dan siklus II dengan langkah perencanaan, tindakan, obserfasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Al-Irsyad Tarakan yang berjumlah 25 siswa. Instrumen penelitian berupa tes menulis puisi dengan metode konstektual.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan metode konstektual dapat meningkatkan hasil belajar siswa, tes awal dan tes akhir siklus I diperoleh nilai rata-rata dalam pembentukan pemahaman struktur puisi 2,10% dan tes akhir siklus II diproleh nilai rata-rata 3,59% lebih besar dari siklus I. sedangkan nilai rata-rata dalam kemampuan menulis puisi sebesar 2,03% dan tes akhir pada siklus II diproleh nilai rata-rata 3,55%.

Kata Kunci: Puisi dengan Metode Konstektual

Objective to Improve the ability of Indonesian learning outcomes in writing poetry through contextual methods in class V SD Al-Ershad Tarakan. This research is a classroom action research conducted in two cycles, the first cycle and second cycle with steps of planning, action, and reflection obserfasi. The subjects were all students of class V SD Al-Irsyad Tarakan, amounting to 25 students. The research instrument is a test write poetry with contextual method. The results showed that the contextual method can improve student learning outcomes, initial test and final test cycle I gained an average value in understanding the formation and structure of poems 2.10% final test cycle II diproleh average value of 3.59% larger of cycle I. while the average value in the ability to write poetry by 2.03% and the final test in the second cycle diproleh average value of 3.55%. Keywords: Poetry With Contextual Method

Detail Informasi