
Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dalam Materi Pengumuman Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas IV SD Nurul Islam Tarakan
Pengarang : Santi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran khususnya bidang studi Bahasa Indonesia didasari kenyataan bahwa pada bidang studi Bahasa Indonesia terdapat beberapa pokok bahasan yang memerlukan model pembelajaran untuk mempermudah penyampaian materi, diantaranya pada materi pengumuman. Model Pembelajaran Contextual diarahkan pada nilai-nilai dasar yang terkandung dalam bidang Contextual yakni melatih siswa menjadi pribadi yang kreatif, inovatif, memiliki keberanian mengambil resiko, memiliki kemampuan menyusun strategi dalam mengatasi masalah, serta kemampuan untuk berkomunikasi. Sehingga peneliti ingin meningkatkan kemampuan Bahasa Indonesia pada materi Pengumuman menggunakan Model Pembelajaran Contextual.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kemampuan Bahasa Indonesia Materi Pengumuman menggunakan Model Pembelajaran Contextual pada SiswaKelas IV SD Nurul Islam Tarakan.
Berdasarkan hasil analisis kegiatan observasi didapatkan bahwa pada siklus I besarnya prosentase aktivitas belajar siswa mencapai 72,5% dan meningkat siklus II besarnya prosentase secara klasikal aktivitas belajar siswa secara individu meningkat menjadi 89,45%. rata-rata prosentase ketuntasan hasil belajar setelah diberi perlakuan yaitu pada siklus I adalah 45% pada siklus II besarnya prosentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 85%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan belajar siswa kelas IV SD Nurul Islam Tarakan.
Kata Kunci: Pengumuman, Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning
Learning by using a model of learning in particular are as of Indonesian studies based on the fact that the field of Indonesian studies, there are several topics that require learning model to facilitate the delivery of content, including announcements on the matter. Learning Model Contextual Teaching Learning directed at the basic value scontained in the field of Contextual Teaching Learning that is to train students to be personally creative, innovative, have the courageto take risks, have the ability to develop strategies to address the problem, as well as the ability to communicate. So there se arc hers want to improve the ability of Indonesian on the material using a Model of Learning Contextual Announcement The purpose of this study is to improve the ability of Indonesian material Contextual announcement using the Student Learning Model SD Class IV Nurul Islam Tarakan. Based on the analysis of activities observasi If ound that the magnitude of the percentage of cycles of learning activities of students reaching 72,5% increased the percentage mount of the second cycle in the classical style of individual students' learning activity increased to 89,45%. Average percentage of completeness of student learning out comes fourth grade Nurul Islam Tarakan whereas after given treatment that isi n the cycle increased to45% in the second cycle the percentage mount of student activity increased to85%. This indicates that the application of learning models Contextual Teaching Learning in learning Indonesian can increase the activity and thoroughness fourth grade student Nurul Islam Tarakan. Keywords: Announcements, Model Learning Contextual Teaching Learning