
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Materi Energi Panas Melalui Metode Eksperimen Di Kelas IV-A SDN 015 Tarakan
Pengarang : Saiful Anam - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi energi panas pada siswa kelas IV-A SDN 015 Tarakan.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa.
Hasil belajar pada aspek kognitif yang diperoleh siswa pada siklus I mencapai ketuntasan 70,37% dari 27 siswa meningkat menjadi 85,1% dari 27 siswa di siklus II. Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan metode pembelajaran eksperimen pada materi energy panas pada siswa kelas IV-A SDN 015 Tarakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Metode Pembelajaran Eksperimen
The objective of this research was to improve the students’ achievement in science subject on solar energy through experiment method at fourth grade students (IV-A) in SDN 015 Tarakan. This CAR (Class Action Research) was conducted in two cycle. Each cycle consists of four stages; those were planning, implementing, observing and reflecting. The instruments used by the researcher were test, teacher’s observation sheet and students’ observation sheet. The result of cognitive aspect that student got in cycle I was 70.37% of 27 students increase into 85.1% of 27 students in cycle II. The conclusion in this CAR (Class Action Research) which using experiment method in teaching solar energy at fourth (IV-A) grade students in SD N 015 Tarakan could improve the students’ achievement in science subject. Keywords: Students’ Achievement, Science Subject, Experiment Method